Menjadi Pengajar Itu Mulia

Oleh : Abu Yusuf Akhmad Ja’far

Alhamdulillah atas segala nikmat Allah, Kami masih diberi kesempatan untuk berbagi ilmu, saling memotivasi, saling menasehati kepada kaum muslimin.

Menjadi pengajar adalah pekerjaan yang mulia, karena dengannya kita dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Dan tentunya memacu diri kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Berikut ada beberapa point yang harus dimiliki setiap pengajar agar menjadi seorang pengajar yang berkualitas dan bermartabat.

  1. Ikhlas karena Allah
    Mengajar adalah ibadah, oleh karenanya harus di landasi niat yang ikhlas.

Guru yang ikhlas akan menghasilkan murid-murid yang ikhlas dan menghasilkan orang-orang besar.

Berkaca kepada Ulama-ulama salaf terdahulu,pastilah mereka teladan dalam masalah ini.

Kita ambil contoh dari salah satu ulama belakang saja, yaitu Syaikh Abdul Aziz bin Baz Rahimahullah Ta’ala, salah satu ulama besar di Saudi Arabia . Sebuah potret guru yang ikhlas dalam mengajar murid-muridnya, hal ini bisa dilihat dari hasil didikan beliau, rata-rata menjadi orang besar dan terus mewariskan keilmuan beliau hingga kini. Dan banyak contoh yang lainnya.

  1. Senantiasa Terus Belajar
    Menjadi Pengajar bukan artinya berhenti belajar, justru menjadi pengajar adalah salah satu proses belajar.

Proses Belajar ada beberapa tahapan, simisal mendengar, membaca, dialog, dan mengajar. Salah satu yang paling efektif adalah mengajar, tentunya mengajar sesuai kemampuan. Berilmu dahulu baru mengajar.

Dan cukuplah menjadi hal yang menakutkan bagi setiap pengajar, bahwa dosa paling besar adalah berkata tentang Allah tanpa ilmu.
Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ إِنَّمَا حَرَّمَ رَبِّيَ الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَاْلإِثْمَ وَالْبَغْىَ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَأَن تُشْرِكُوا بِاللهِ مَا لَمْ يُنَزِّلْ بِهِ سُلْطَانًا وَأَنْ تَقُولُوا عَلَى اللهِ مَا لاَ تَعْلَمُونَ

Katakanlah: “Rabbku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak maupun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa saja yang tidak kamu ketahui (berbicara tentang Allah tanpa ilmu)” (QS : Al-A’raf:33)

  1. Menjadi Tauladan Yang Baik

Layak nya menjadi seorang pengajar, mereka menjadi Tauladan bagi muridnya. Kalau seandainya pengajar tidak menjadi Tauladan, lalu sang murid akan mencontoh siapa?

  1. Mengamalkan Yang diajarkan

Jangan sampai kita seperti lilin, menerangi tapi hangus terbakar. Berusaha lah untuk mengamalkan segala apa yang kita ajarkan. Allah sangat murka, orang yang hanya banyak berbicara tanpa amal.

  1. Menjaga Muruah
    Muruah atau Wibawa harus terus dijaga, terutama dalam pergaulan, tata cara penampilan, gaya bahasa, sopan santun dan lainnya.

Kalau seandainya sang pengajar tidak menjaga Muruah, lalu bagaimana dengan muridnya?

  1. Bijaksana

Bijak dalam bersikap, kedepan kan musyawarah, apalagi jika kita ada di suatu lembaga, yang asasnya adalah kerjasama antar para pengajar. Kesampingkan ego pribadi demi kemaslahatan.

  1. Sabar

Sebaik apapun sistem di pondok pesantren pasti ada saja santri santri yang bandel, sering buat masalah dan yang lain-lain. Oleh karenanya sang pengajar harus sabar menghadapinya dan melakukan hal-hal sesuai peraturan santri. Hindari hal-hal yang buruk berupa kekerasan yang berlebihan, karena itu bukan jalan yang terbaik.

Coba saja merenung, mungkin saja kita dulu saat mondok juga bandel seperti santri kita. Bukankah


الجزاء من جنس العمل؟

Itu saja point singkat yang bisa kami sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung.

Beberapa point ini kami sarikan dari Kitab Ar-Rasul Al-Muallim karya Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddah Rahimahullah Ta’ala.

Semoga Allah selalu menjaga niat kita dan memudahkan segala urusan kita, serta menjadikan aktivitas kita sebagai amalan yang diterima untuk bekal ke Surga Allah Ta’ala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *